Lirik Indonesia Raya Asli…

Agustus 4, 2007 at 7:46 am 42 komentar

Stanza 1:

Indonesia Tanah Airkoe Tanah Toempah Darahkoe
Disanalah Akoe Berdiri ’Djadi Pandoe Iboekoe
Indonesia Kebangsaankoe Bangsa Dan Tanah Airkoe
Marilah Kita Berseroe Indonesia Bersatoe

Hidoeplah Tanahkoe Hidoeplah Negrikoe
Bangsakoe Ra’jatkoe Sem’wanja
Bangoenlah Djiwanja Bangoenlah Badannja
Oentoek Indonesia Raja

Reff: Diulang 2 kali, red
Indonesia Raja Merdeka Merdeka Tanahkoe Negrikoe Jang Koetjinta
Indonesia Raja Merdeka Merdeka Hidoeplah Indonesia Raja

Stanza 2:

Indonesia Tanah Jang Moelia Tanah Kita Jang Kaja
Disanalah Akoe Berdiri Oentoek Slama-Lamanja
Indonesia Tanah Poesaka P’saka Kita Semoenja
Marilah Kita Mendo’a Indonesia Bahagia

Soeboerlah Tanahnja Soeboerlah Djiwanja
Bangsanja Ra’jatnja Sem’wanja
Sadarlah Hatinja Sadarlah Boedinja
Oentoek Indonesia Raja

Reff: Diulang 2 kali, red
Indonesia Raja Merdeka Merdeka Tanahkoe Negrikoe Jang Koetjinta
Indonesia Raja Merdeka Merdeka Hidoeplah Indonesia Raja

Stanza 3:

Indonesia Tanah Jang Seotji Tanah Kita Jang Sakti
Disanalah Akoe Berdiri ’Njaga Iboe Sedjati
Indonesia Tanah Berseri Tanah Jang Akoe Sajangi
Marilah Kita Berdjandji Indonesia Abadi

S’lamatlah Ra’jatnja S’lamatlah Poetranja
Poelaoenja Laoetnja Sem’wanja
Madjoelah Negrinja Madjoelah Pandoenja
Oentoek Indonesia Raja

Reff: Diulang 2 kali
Indonesia Raja Merdeka Merdeka Tanahkoe Negrikoe Jang Koetjinta
Indonesia Raja Merdeka Merdeka Hidoeplah Indonesia Raja.

————

Selama ini lagu Indonesia Raya yang dikenal hanya terdiri dari satu stanza, tetapi pakar telematika Roy Suryo berhasil menemukan seluloid rekaman asli Indonesia Raya di Perpustakaan Leiden, Belanda.

Lirik lagu dan gambaran suasana Indonesia zaman itu terekam dalam film seluloid asli yang dibuat pada bulan September 1944 (tahun Jepang 2604).

Disinggung apakah perpustakaan Leiden di Belanda sengaja menyembunyikan fakta dan dokumen sejarah Indonesia itu, Roy menjawab dengan diplomatis. “Bukan menyembunyikan, tapi merawat dengan baik hingga sekarang. Mungkin kalau disimpan di Arsip nasional kita, bisa-bisa terbengkalai,” tutur Roy.

(Sumber : Okezone)

About these ads

Entry filed under: Indonesia, Sejarah, Seni dan Budaya. Tags: .

ALHAMDULILLAH,, SAYA AKHIRNYA JADI MAHASISWA JUGA Angkot-pun Akhirnya Mati di Tangan Motor.

42 Komentar Add your own

  • 1. purmana  |  Agustus 4, 2007 pukul 7:58 am

    Maaf akoe tidak joeal Pertamax…

    HIDOEP INDONESIA…!!!

    Balas
  • 2. TAO :: Tombo Ati Online » Lirik Indonesia Raya Asli  |  Agustus 4, 2007 pukul 11:19 am

    [...] Blog Goenawan [...]

    Balas
  • 3. danny  |  Agustus 4, 2007 pukul 1:26 pm

    mas minta file aslinya donng,..

    Balas
  • 4. yayat  |  Agustus 4, 2007 pukul 2:36 pm

    mas duto lien ma….!!!

    Balas
  • 5. purmana  |  Agustus 4, 2007 pukul 2:39 pm

    file aselinja bagaimana toh mas??
    Akoe sadja dapat dari sitoes lain…

    Kaloe njang mas maksoed tuh file seloeloid-nja ya itoe sih ada di Om Roij Soerjo…

    Kaloe maoe kopi toelisanja boleh-bole sadja… monggo, monggo…

    Balas
  • 6. Mihael "D.B." Ellinsworth  |  Agustus 4, 2007 pukul 2:42 pm

    Wah, file aslinya ada…?

    Harusnya bisa didapat kalau sudah pernah di-scan. <– Ngawur :mrgreen:

    Balas
  • 7. julfan  |  Agustus 4, 2007 pukul 2:42 pm

    terima kasih ya atas infonya…

    Balas
  • 8. things left unsaid  |  Agustus 4, 2007 pukul 5:25 pm

    indonesia raya

    dalam sebuah tulisan di okezone, diberitakan bahwa roy suryo berhasil menemukan pita seluoid asli berisikan rekaman dinyanyikannya lagu indonesia raya di bulan september 1944, yang selama ini tersimpan di sebuah perpustakaan di leiden, belanda. saya te…

    Balas
  • 9. ryosaeba  |  Agustus 4, 2007 pukul 5:25 pm

    saran dari saya, coba cek lagu indonesia raya di situs wikipedia indonesia. artikelnya di sana sudah diterjemahkan ke 24 bahasa tuh. lalu, coba cek ke situs yulian.firdaus.or.id, tentang “hari musik nasional”.

    Balas
  • 10. hendra_ku  |  Agustus 4, 2007 pukul 5:49 pm

    klo begitu di perpustakaan Leiden di Belanda masih banyak lagi dong ttng dokumen², arsip², dll tentang Indonesia, klo mo dicari seeh :)

    “Disinggung apakah perpustakaan Leiden di Belanda sengaja menyembunyikan fakta dan dokumen sejarah Indonesia itu, Roy menjawab dengan diplomatis. “Bukan menyembunyikan, tapi merawat dengan baik hingga sekarang. Mungkin kalau disimpan di Arsip nasional kita, bisa-bisa terbengkalai,” tutur Roy.”

    iya, mendingan disimpen/dititipin disana aja, drpd ntar klo disimpen disini malah jd rusak

    Balas
  • 11. Andrie  |  Agustus 4, 2007 pukul 7:10 pm

    Hidoeplah Indonesia Raja

    Wahai bangsaku hargailah bukti sejarah yang kita miliki rawatlah untuk diketahui anak cucu kita di kemudian hari

    Balas
  • 12. onoda  |  Agustus 4, 2007 pukul 7:37 pm

    apa bener temuan roy suryo baru..
    g mana dengan lagu indonesia raya ini yang sudah lama nongkrong di youtube?
    coba teman-timan lihat..http://www.youtube.com./watch?v=hkxehrXU3tM

    Balas
  • 13. onoda  |  Agustus 4, 2007 pukul 7:37 pm

    Balas
  • 14. purmana  |  Agustus 4, 2007 pukul 7:43 pm

    [at] Onoda
    Emang sih di beberapa forum juga dah pada sepakat bahwa si Roy tuh cuma pengen cari popularitas aja… wong katanya ada yang dah tau dari 4 taun yang lalu…

    Duh mas,,, kalo liat video youtube sih harus jam 12 malem saya mah….. internet-nya lambat di sini,,,!!!! :sad: :sad:

    Tapi saya dah liat kok, di TransTV, Kaya gitu bukan????

    Balas
  • 15. Indonesia Raya « munggur  |  Agustus 5, 2007 pukul 1:19 am

    [...] Indonesia Raya Agustus 5th, 2007 Ya, maksud saya lagu Indonesia Raya. Yang sering dinyanyikan kala 17 Agustus atau tiap hari Senin di sekolah. Rupanya di tanah air sedang ramai dengan adanya penemuan versi lengkap lagu Indonesia Raya. Menarik, saya pikir. Bahkan, beberapa blogger sudah menuliskannya di blog mereka. Indonesia Raya – Ryosaeba. Lirik Indonesia Raya Asli – Geowana. [...]

    Balas
  • 16. mathematicse  |  Agustus 5, 2007 pukul 4:18 am

    Saya juga baru tahu (tapi saya pernah mendengar ada juga orang yang pernah menyanyikan stanza 2 dan stanza 3, di mana ya?)…. :D

    Balas
  • 17. falcunix  |  Agustus 5, 2007 pukul 7:48 am

    ud dari kapan tau da diyoutube, gw juga kaget ko pake digembor2kan segala sama si roy suryo dasar , cari publisitas , ni yang mo download http://indoupload.net/files/5808/indonesiaraya.flv , klo mo dijalani install k-lite codecs terlebih dahulu

    Balas
  • 18. babequ  |  Agustus 5, 2007 pukul 10:28 am

    moengkin boeng Roy boekan mentjari sensasi, hanja sadja dia moengkin beloem melihat teks ini di Youtube.

    Balas
  • 19. agusnurli  |  Agustus 5, 2007 pukul 12:01 pm

    orang lain menemukan pelem ini di youtube, tapi mas Roy menemukan ASAL pelem Youtube ini yang masih dalam bentuk seluloid asli :

    [ Lirik lagu dan gambaran suasana Indonesia zaman itu terekam dalam film seluloid asli yang dibuat pada bulan September 1944 (tahun Jepang 2604). Tiga bulan lalu, pria bernama asli KRMT Roy Suryo Notodiprojo, ini menemukan kembali seluloid rekaman asli itu di perpustakaan Leiden, Belanda. ]

    dan mas roy melakukan apa yang orang lain belum lakukan :

    [Setelah mendapat rekaman seluloid lagu Indonesia Raya asli tiga stanza itu, Roy Suryo melakukan konfirmasi ke beberapa pihak, untuk mengecek orisinalitas dan otentisitas rekaman tersebut.]

    sumber :
    (http://www.okezone.com/index.php?option=com_content&task=view&id=37563&Itemid=67)

    Balas
  • 21. erander  |  Agustus 5, 2007 pukul 8:26 pm

    Kalau pernah jalan2 ke musium WR.Supratman yang diresmikan sekitar tahun 2004, kita bakal tahu bahwa lirik itu sudah dipahat diprasasti dalam bentuk 3 stanza. Jadi .. sebenarnya bukan penemuan. Sisi positipnya .. anak2 muda yang berusia 10-20 tahun jadi tahu. Tapi buat yang senang sejarah, pasti sudah tahu sejak lama. Good job bro.

    Balas
  • 22. purmana  |  Agustus 5, 2007 pukul 8:42 pm

    [at]Luthfi
    Kok gak bisa dibuka terus yah tuh link…
    Padahal dari kemaren kepengen liat isinya,,, kenapa ini?????

    [at]Erander
    Ya, setelah Om Roij Soerjo heboh tentang lagu ini… semua orang termasuk pelajar Indonesia jadi mengenal fakta ini. Dan beberapa di antara mereka bahkan ada yang mulai ‘iseng’ menghafalnya dan menyanyikannya.

    Btw, kedepannya baiknya gimana yah nasib stanza 2 dan 3 itu?? Apakah dibiarkan saja tersimpan, atau……?? :-? :-?

    Balas
  • 23. things left unsaid  |  Agustus 6, 2007 pukul 1:16 am

    indonesia raya, part deux

    salah satu imbas dari kehebohan soal penemuan “rekaman asli” lagu indonesia raya adalah melonjaknya kunjungan ke blog saya ini, mencapai 770 view.
    OMG INDONESIA RAYA ITU TERNYATA 3 STANZA!
    ternyata banyak yang menganggap bahwa lagu indones…

    Balas
  • 24. onoda  |  Agustus 6, 2007 pukul 7:19 am

    mungkin bener ap yang di katakan agusnurli di atas..
    cb teman2 simak baik2..

    Balas
  • 25. purmana  |  Agustus 6, 2007 pukul 8:07 am

    [at]23
    Iya nih, tulisan saya juga jadi laris manis…
    Dari 330 yg berkunjung 250-nya buka tulisan ini. Kita seharusnya berterima kasih ke Om Roy Suryo karena udah buat heboh… :mrgreen:

    [at]Onoda
    Saya juga spendapat dengan anda. Bahwa Roy Suryo tidak sepenuhnya membuat heboh hanya untuk cari popularitas.

    Balas
  • 26. ryosaeba  |  Agustus 6, 2007 pukul 9:40 am

    Saya juga spendapat dengan anda. Bahwa Roy Suryo tidak sepenuhnya membuat heboh hanya untuk cari popularitas.

    saya tidak sependapat. :)
    kalau memang dia tidak mencari popularitas, seharusnya dia tidak perlu menjelek-jelekkan des alwi sebagai saksi sejarah.

    Balas
  • 27. nailah zhufairah  |  Agustus 6, 2007 pukul 1:32 pm

    waKtu es-de saya dah pernah dapet tuh versi yang ini. cuma sekarang aja yang di heboh-hebohin gitu…

    Balas
  • 28. sandynata  |  Agustus 6, 2007 pukul 8:29 pm

    ah anak muda jaman sekarang, sudah lupa dengan sejarah bangsa.. saya aja yang tergolong masih muda ini masih ingat betul kok, kalo lagu indonesia raya itu ada yang panjang, coba gih sana buka2 lagi buku sejarahnya

    Balas
  • 29. kenzie  |  Agustus 7, 2007 pukul 10:43 am

    hidup roy suryo…..
    makasih dah kasih kado baru buat indonesia!!!

    Balas
  • 30. Merubah Indonesia dengan Blog! « Republik Blog Indonesia  |  Agustus 7, 2007 pukul 12:32 pm

    [...] sih, yang bisa diperbuat untuk “merubah” oleh peblog dengan blognya untuk Indonesia? Jangan pernah pandang kecil diri anda dan blog anda. Tahun lalu negara tetangga kita Malaysia [...]

    Balas
  • 31. things left unsaid  |  Agustus 7, 2007 pukul 6:14 pm

    indonesia raya: epilog

    hari ini sebenarnya saya berharap ada kelanjutan soal heboh indonesia raya ini di detik, namun ternyata sampai saat ini cuma ada satu catatan dari airputih. tampaknya pihak-pihak yang terlibat sedang cooling down, terutama yang kemarin nyaris melakukan…

    Balas
  • 32. purmana  |  Agustus 7, 2007 pukul 7:41 pm

    Temuan si Roy Suryo ternyata pernah ditayangkan pada tahun 1984 di TVRI !!!

    Lalu menurut PP 44/1958 tentang Lagu Indonesia Raya disebutkan bahwa Indonesia Raya dinyanyikan 1 stanza bila menggunakan musik dan 1 atau 3 stanza bila tak pake musik…

    Balas
  • 33. JUMAIDI  |  Agustus 8, 2007 pukul 3:26 pm

    Seharusnya,,,sebagai bangsa Indonesia, kita harus menjaga keaslian bangsa kita. Aku kok heran ya!!!,kenapa lagu asli Indonesia malah ada di Negara Belanda,,, ini artinya,, kita sebagai bangsa Indonesia tidak cinta akan bangsanya sendiri…

    Balas
  • 34. zZah_pnTer  |  Agustus 15, 2007 pukul 9:14 pm

    qasih qomment iiaa??

    mw dooong… ^^

    saya naq SMP..bingung bgedh deh ma om,,,,hmmm,siapa namannya??,,roy iiaa???

    iiaa,,ma om roy!

    prasaan mah dari jaman baheula oge saya dah liat lagu INDONESIA RAYA 3 stanza!!!wadul qale c om???ato cma mo nyari “sensasi” doanq???(kyaq YZ&ME gtuu)hahahahaha
    tapi yaaa,,mayan lahh,,rada heboh jga…d qlas ajh smpe d perdebatqan apakah om roy itu wadul,,nyari heboh,,ato pgen gag qalah populer ma rini idol???hahahaha…

    om,om..lagu indonesia raya walopun d tmuin berapa stanza sqalepun gag bqal bqin kaum muda qini jd pinter kabeh!gag bqal bqin maju negaranya!gag bqal bqin para PEJABAT berhenti KORUPSI!gag bqal mensejahterakan rakyatnya yg tertindas dan terbelakang!dll.

    mnurut saya yg pnting rakyat indonesia tw mxud tujuan lagu indonesia raya,,yaitu persatuan dan kesatuan bangsa!

    aneh om roy mah…
    qlo mo bqin heboh,heboh sqalian!jgan stengah2.!
    qlo mo wadul,wadul sqalian,jgn stenagh2!
    qlo udh bnyaq yg tw 3stanza indonesia raya mah,,bwadg pha lagi atuh d “besar2kan” soal ditemuqan d negeri kincir angin?!

    btw,,bsoq siapa yg bqal ngaku2 nemuin teks proklamasi paragraf ke 2???hahahaha

    Balas
  • 35. Agung Nugroho  |  Juni 27, 2009 pukul 11:05 am

    waah ini yg di klaim si roy sukro yg nemuin yah ?

    kl gk salah pas saia Es De kira kira 10 tahun yang lalu, pas kelajaran seni musik, saya beli buku wajib nasional yah, trus pas saya liat bagian Indonesia Raya, sudah tertera tuh ke-4 Stanza liriknya komplit lagih..

    brati si Roy Sukro bukan penemu pertamax yah…….
    payah tuh orang ngaku ngakuin aja yg nemuin pertama

    Balas
  • 36. idup_indo  |  Juli 14, 2009 pukul 5:59 pm

    Hidup Indonesia!

    Balas
  • 37. hani  |  Agustus 28, 2009 pukul 12:52 pm

    thanks y..tu bermanfaat bgt bwt q.. bnr2 kpk kok.. thks y..
    INDONESIA MERDEKA!!!!!!!!!

    Balas
  • 38. za..  |  September 9, 2009 pukul 1:34 pm

    I LUPH INDONESIA QW…….
    Za cinta tanah air….

    Balas
  • 39. Minto  |  Agustus 17, 2010 pukul 7:29 pm

    Indonesia Merdeka!!!!!!!!

    Balas
  • 40. seli_usel  |  Agustus 15, 2011 pukul 9:38 am

    terimakasih atas infonya.

    I LoVe Indonesia

    Balas
  • 41. aluhlangkar  |  Agustus 17, 2011 pukul 2:50 pm

    aku sekarang udah kerja (umur 25 tahun)
    dan aku tau lagu Indonesia Raya terdiri dari 3 stanza tuh sudah dari SD. so, udah lama banget….

    Balas
  • 42. Azmul Tongengmaa  |  April 11, 2012 pukul 3:59 pm

    kenapa yah harus diganti !!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Sekilas Diriku

'Seorang manusia normal yang memiliki keinginan normal untuk menjadi orang yang tidak normal'

Banner


Awas Nanti Kepala Bocor

Arsip


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: