Bagaimana ‘AIRBAG’ Menyelamatkan Hidup Kita?

Juli 19, 2007 at 5:39 am 12 komentar

Kecelakaan lalu-lintas sering menelan banyak nyawa. Kebanyakan karena faktor manusia. Namun ada juga yang disebabkan karena faktor kendaraan. Melengkapi perlengkapan standar mobil setidaknya bisa mengurangi risiko tinggi.

airbag pada mobil

Airbag atau kantung udara memang belum menjadi piranti keselamatan bagi seluruh mobil di Indonesia. Namun sejalan dengan tingginya kesadaran akan keselamatan maka semakin banyak mobil yang sudah dipasangi airbag ini.

Hukum Newton dan pengamanan
Pada dasarnya prinsip kerja sensor Airbag ini menganut hukum NEWTON I, kalian pasti sudah tahu bunyinya kan? Bagi yang belum atau sudah lupa lagi silakan belajar lagi di sini. Intinya suatu benda yang bergerak akan cenderung tetap bergerak dan yang diam akan cenderung tetap diam kecuali ada gaya yang mengubahnya.

Nah, pada saat tabrakan hukum ini jelas-jelas berlaku. Saat sebelum tabrakan orang yang di kendaraan bergerak dengan kecepatan v akibat mobilnya bergerak. Saat terjadi tabrakan tentunya terjadi perubahan kecepatan yang signifikan dan saat inilah sensor airbag memerintahkan agar semua kantong udara dikeluarkan.

how does it works?

Kantong udara dikeluarkan sebagai bantalan agar pengemudi tidak membentur benda keras seperti setir kemudi ataupun dashboard mobil. Pada saat airbag terbuka maka akan otomatis diisi dengan gas Nitrogen. Lalu setelah tabrakan selesai maka gas tersebut dikeluarkan secara perlahan sehingga airbag akan kempis kembali secara perlahan.

Entry filed under: IPTEK, Otomotif. Tags: .

KITA SUDAH KEBANYAKAN ARTIS….. Pesan Untuk Wanita (yang mengaku) Cantik dan Seksi

12 Komentar Add your own

  • 1. y0ed  |  Juli 19, 2007 pukul 6:06 am

    Kunaon kudu make Nitrogen?
    Teu bisa kitu make h*tut…??

    he2… bercanda,,,!

    Balas
    • 2. diki supriyadi  |  Mei 19, 2010 pukul 9:41 pm

      goblog siah.. cobaan we kumaneh ngumpulkeun hitut…

      Balas
  • 3. deking  |  Juli 19, 2007 pukul 10:58 am

    Lalu sensitivitas sensor itu diukur dengan apa ya Mas? Secara standar, gaya seberapa Newton yang bisa menyebabkan air bag mengembang?
    Kalau trlalu snsitif kan rawan juga, jangan2 hanya karena goncangan di jalan tidak rata tiba2 air bag mengembang. atau jika kurang sensitif juga repot, sdh nabrak baru membuka

    Balas
  • 4. purmana  |  Juli 19, 2007 pukul 12:21 pm

    [at] deking (Bapak Guru)

    Peraturan mengenai kapan airbag mengembang sudah diatur, yaitu sensor Airbag akan mulai bekerja saat mobil berjalan 9 mil/jam (14,5 km/jam).

    Sensor yang telah aktif tersebut akan terhubung ke dalam accelerometer, yang bila menunjukkan akselerasi negatif melebihi perlambatan maksimal oleh rem mobil tersebut maka sensor akan secara otomatis terbuka.

    Jadi gaya yang diperlukan untuk membuka airbag berbeda-beda setiap mobil, tergantung standar pabrikan masing-masing

    Balas
  • 5. purmana  |  Juli 19, 2007 pukul 12:38 pm

    [at] yo3d :

    Mun make hitut mah bau atuh…!! Sarua we selamat dari tabrakan tapi malah bisa mati keracunan…. he2

    Formula yang terkandung dalam gas Airbag merupakan rahasia setiap perusahaan, namun yang paling populer adalah campuran natrium azida (NaN3), kalium nitrat (KNO3) dan Silikon Dioksida (SiO2).

    NaN3 akan terurai menjadi :

    2 NaN3 (s) -> 2 Na (s) + 3N2

    Nah, gas N2 inilah yang akan menggembungkan kantung udara.

    Sedangkan KNO3 dan SiO2 akan bereaksi dengan logam Na agar logam tersebut menjadi tidak reaktif lagi…..

    Semoga mengerti,,,,🙂

    Balas
  • 6. yo3d  |  Juli 20, 2007 pukul 12:45 am

    Hitut-na hitut Miss Universe,,, sugan we sengit…😆 😆

    Emangna gas N2 teu beracun kita??
    Kunaon teu make O2 wae, pan aman tur nyehatkeun awak??

    (he… he make basa sunda we-nya?)🙂

    Balas
  • 7. Joe  |  Juli 20, 2007 pukul 9:39 am

    Kalau mobil standar yang tak ada fitur Airbag-nya apakah bisa dipasang yang begituan???

    Balas
  • 8. purmana  |  Juli 21, 2007 pukul 2:19 am

    [at] joe

    bisa aja,,, bulan lalu temennya babeh gue cerita dah masang airbag di mobil Honda New City-nya. Kan tuh mobil keluaran awal terus variannya yg paling murah jd asalnya gak ada airbag…

    Biayanya skitar 5-6 juta

    Balas
  • 9. Heru  |  Agustus 2, 2007 pukul 4:41 pm

    Wah informasi yang berguna. Sayang saya belum bisa beli mobil yang ada airbagnya. Eh btw sekarang pun airbag katanya sudah ada di motor ya?

    Balas
  • 10. bengkelsepedamotor  |  November 19, 2007 pukul 7:24 am

    ^ @8
    Untuk sepedamotor airbag merupakan perlengkapan opsional untuk HONDA GOLDWING GL 1800 model tahun 2007

    salam,
    bengkelsepedamotor

    Balas
  • 11. Arie  |  Oktober 11, 2008 pukul 10:47 pm

    Terimakasih atas informasinya. Saya masih belum bisa membayangkan seberapa cepatnya pengisian bantalan udara tsb sehingga menggembung dengan sempurna, mengingat impact dengan benda diam saja sampai kenderaan berhenti/hancur terjadi dengan waktu yang sangat-sangat cepat (sepersekian detik) apakah terkejar dengan pengisian bantalan udara. Apalagi dengan kendaraan kecepatan tinggi berlawanan arah.

    Balas
  • 12. andi  |  Oktober 26, 2009 pukul 10:22 am

    mau tanya, kalo pd saat benturan, airbagnya pecah, kira2 komponen apa aja ya yang PASTI rusak ? apakah sensor juga PASTI rusak ?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Sekilas Diriku

'Seorang manusia normal yang memiliki keinginan normal untuk menjadi orang yang tidak normal'

Banner


Awas Nanti Kepala Bocor

RSS Berita Bola

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip


%d blogger menyukai ini: