2007 = The Struggle for Live

Desember 26, 2007 at 11:43 am 2 komentar

Tahun demi tahun telah berlalu, dan seperti biasanya akhir tahun adalah saat yang tepat untuk melakukan evaluasi pada diri kita, apa yang kita lakukan, apa yang kita dapat, apa saja kegagalan dan kesalahan kita. Evaluasi ini sangatlah penting agar di tahun yang akan datang kita tak mengulangi kesalahan-kesalahan yang telah kita perbuat di tahun sebelumnya. Keberhasilan yang kita peroleh pun harus kita syukuri dan daijadikan tanggung jawab bagi diri kita untuk mempertahankan bahkan meningkatkannya.

Tahun 2007 adalah tahun yang penuh perjuangan bagi diri saya. Saya yang pada saat itu menginjak masa SMA kelas XII (kelas 3) dihadapkan pada banyak ujian yang akan menentukan masa depan kami kelak. Perasaan tegang, takut, bahkan sedikit stress sudah dianggap biasa melintas di pikiran saya. Wajar saja, sebab kesalahan sedikit dapat menghapus cita-cita yang telah diimpikan.

Sedikitnya ada tiga tantangan yang berhasil saya lalui dengan cukup memuaskan pada tahun ini dan semuanya adalah tantangan yang menyangkut akademis. Pertama adalah saat menghadapi UAN 2007. Di tengah kontroversi tentang pengadaap UAN SMA yang dianggap terlalu memberatkan siswa saya tidak ambil pusing dengan hal tersebut, toh mata pelajarannya-pun hanya 3 saja.

Ujian kedua adalah ujian yang terberat karena inilah saatnya saya menentukan masa depan, jalan mana yang akan saya tempuh. Ujian kedua ini adalah memilih Perguruan Tinggi yang cocok bagi saya untuk meneruskan pendidikan. Pada waktu itu saya termasuk orang yang tidak punya tujuan pasti kemana saya harus memilih, bahkan hingga 4 bulan menjelang SPMB saya masih belum memiliki tujuan utama. Alasan kenapa saya seperti itu mungkin karena (maaf bukan sombong) saya tipe orang yang suka pada banyak ilmu/mata pelajaran dari matematika, fisika, kimia, biologi, bahasa dan sastra bahkan ilmu sosial. Bila dilihat dari nilai pun tak ada mata pelajaran yang paling menonjol, semuanya cenderung sama, maka saya waktu itu berkesimpulan kemanapun saya melanjutkan pasti rasanya sama saja. Saya juga tak mudah termakan omongan orang yang men-judge jurusan A atau B itu bagus dan berprospek. Bagi saya di bidang apapun saya hidup nanti yang penting adalah menekuninya dengan sungguh-sungguh, masalah kesuksesan itu belakangan.

Saya coba-coba ikut USM-ITB dengan pilihan Teknik Mesin, FTSL dan Teknik Material. Pilihan-pilihan itu saya buat berdasarkan buku panduan masuk ITB. Ternyata saya masuk di pilihan ke-3 yaitu Teknik Material ITB. Awalnya agak kecewa karena hanya diterima di pilihan 3, namun setelah berkonsultasi dengan orang-tua, yang kebetulan dosen geologi, lalu dengan guru SMA, BK, dan guru les maka didapat kesimpulan bahwa Teknik Material itu memiliki prospek yang bagus. Akhirnya saya ambil jurusan tersebut, dan sampai saat ini saya merasa beruntung sekali bisa menjadi seorang calon Insinyur material.

Ujian ketiga adalah yang sedang saya jalani yaitu membiasakan diri terhadap gaya belajar kuliah. Seluruh mahasiswa baru ITB saat ini terus dibayangi oleh “hantu” Drop-Out, bayangkan saja setiap tahun selalu ada 10% mahasiswa baru yang di-DO dari ITB. Melihat hasil ulangan pertama saya, rasa takut itu berlipat ganda namun itu menjadi pemacu semangat dan Alhamdulillah di ulangan kedua saya mendapat nilai yang aman. Saya berharap semoga ujian ini dapat saya lalui dengan hasil memuaskan.

Itulah beberapa perjuangan berat yang saya lalui di tahun 2007, The Struggle for Live. Semoga di tahun yang akan datang saya akan mendapat kesuksesan yang lebih.

Entry filed under: pengalaman pribadi. Tags: .

Kenapa Pengendara Motor Banyak yang ‘BODOH’ di Jalan Naik Angkot di Bandung??? Cape deh….

2 Komentar Add your own

  • 1. rozenesia  |  Desember 27, 2007 pukul 7:40 am

    Hahahaaaaa… Teknik Material, berpotensi kerja di luar Jawa dengan gaji tinggi ya?

    2007… Yah, setidaknya tahun perjuangan juga bagi MaBa seperti saya..plus, tahun penuh kematian…ahhh

    Balas
  • 2. atmo4th  |  Desember 28, 2007 pukul 2:56 pm

    2007, hmm… dahar, modol, ulin…

    untung enggak DO, haha…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Sekilas Diriku

'Seorang manusia normal yang memiliki keinginan normal untuk menjadi orang yang tidak normal'

Banner


Awas Nanti Kepala Bocor

RSS Berita Bola

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip


