FS versus Blog

Januari 4, 2008 at 10:05 pm 13 komentar

Mana Yang Lebih Memberi Kita Manfaat.๐Ÿ˜•

Internet kini ada di mana-mana, di kota, di pinggir kota, di desa, di kampung, di dusun bahkan sampai di leweung (hutan) kita bisa mengakses internet. Nge-net atau bahasa Inggrisnya Surfing sudah jadi budaya baru yang dimiliki oleh semua lapisan masyarakat. Akan tetapi kebanyakan para pengguna internet di tanah air masih awam soal manfaat sesungguhnya dari dunia maya tersebut.

Sangat disayangkan dari berjuta-juta pengguna internet di Indonesia masih banyak yang menempatkan internet hanya sebagai ajang hiburan semata. Jenis hiburan yang paling digemari adalah situs-situs social networking seperti Friendster. Mereka rela berjam-jam duduk di depan komputer saat menjelajahi foto-foto “cantik” atau “ganteng” para member situs tersebut yang telah di-upload, atau mungkin mereka sedang sibuk mencari teman-teman baru yang bisa di-add, tentunya hanya yang berfoto manislah yang akan di-add jadi teman mereka.

Sebenarnya apa saja sih yang mereka dapatkan dari situs Friendster tersebut ?? Saya yakin mereka kebanyakan pasti dapat kepuasan, sebab sudah bisa liat foto cewe-cewe cantik atau bahkan udah bisa saling berkirim pesan dengan mereka (Waaah senangnya !!!…… ๐Ÿ˜† ). Kalau sudah begini pasti mereka ketagihan untuk lagi dan lagi. Ternyata FS itu bisa jadi candu ya.

Lalu apa manfaatnya bagi diri kita dengan ber-FS ria ?? Manfaat di sini adalah apakah ada suatu peningkatan dari segi intelektual maupun spiritual kita setelah membuka FS ? Apakah kita akan mendapat pengetahuan baru untuk didiskusikan bersama teman ? Atau kira-kira apakah kita telah mendapat dosa atau pahala setelah membuka FS….??? Coba renungkan wahai kawanku.

Sadarlah, bahwa situs seperti Friendster tersebut hanya mengajarkan hal-hal bersifat duniawi bahkan cenderung mengajarkan gaya hidup hedonisme. Saya tak menyebut semua orang yang memiliki FS itu seperti ini, namun saya hanya menerangkan mayoritas-nya saja, banyak kok yang menggunakan FS sebagai media dakwah juga. Saat kita melihat profil para member Friendster maka kita akan disuguhi oleh foto-foto mereka yang menarik, yang cantik, seksi atau ganteng sehingga kita pun ingin berkenalan dengan mereka. Namun bila foto yang disuguhkan “kurang berkenan” maka kita-pun akan tutup profil tersebut dan mencari profil lainnya. Jadi penilaian terhadap seseorang di Friendster kebanyakan dilihat dari kualitas foto member tersebut. Coba cari profil cewe cantik/model remaja yang friends-nya kurang dari 500. Pasti gak ada deh !!

Blog Tidak Memandang Tampang untuk Jadi Teman

Nah, mari kita bahas tentang blog secara umum. Fenomena dari blog sendiri kalah start dengan situs social networking semacam FS. Mungkin hal itulah yang menjadi alasan kenapa blog masih kalah populer ketimbang FS, ditambah mungkin anak-anak muda sekarang yang saya bilang “Generasi Malas” yang memang malas untuk bersusah-susah menyusun kata dalam tulisan. Mereka lebih senang tinggal click sana dan click sini untuk melihat foto-foto cewek/cowok idaman mereka.

Di dalam blog kita tidak hanya bisa memasang profil diri kita, kita pun dapat menaruh diary kehidupan kita sehari-hari yang dalam perkembangannya blog malah dijadikan ajang berbagi pengetahuan, informasi, forum diskusi bahkan kritik dan hujatan terhadap kelompok atau pemerintah. Hal inilah yang membuat dunia blog semakin menarik.

Sebuah contoh kecil saja perbedaan suasana di dunia blog dan FS; beberapa minggu yang lalu saat kita sedang heboh-hebohnya menghujat Malaysia karena dianggap mencuri kebudayaan kita (lagu ‘Rasa Sayange’), hampir semua top-post waktu itu adalah tentang Malaysia atau tentang Kebudayaan Indonesia. Tapi coba tebak yang terjadi di dunia FS, mereka malah masih saja mengirim testimonial; “Hai Cantik, Bleh Knalan gak ?” atau “Oh Say, aku kangen nih…”. Nah, terlihat jelas kan bedanya. Di saat para blogger sibuk berkomentar tentang Malaysia dan Kebudayaan Indonesia yang saat itu sedang panas-panasnya, dunia FS malah masih asyik dengan “dunia cinta” mereka. Kemana sikap peduli dan kritis mereka ???

FS atau Blog itu bagus asal tepat penggunaannya.

Dari tulisan saya di atas mungkin saya lebih banyak mendiskreditkan Friendster ketimbang blog, namun saya juga dulunya bekas FS-holic, jadi sudah pernah merasakan rasanya hunting cewe cakep di FS, dan memang mengasyikkan kok. Tapi kini saya sadar bahwa hal itu gak ada gunanya. Sekarang saya lebih menggunakan FS sebagai ajang silaturahmi dengan teman-teman lama saya (SD, SMP dan SMA) atau sebagai tempat mempererat tali persaudaraan dengan kenalan-kenalan baru (gak peduli mau cantik atau tidak). Kesan dari tampilan FS yang familiar akan cepat menumbuhkan keakraban dengan orang lain.

Sedangkan Blog, kini saya nampaknya lebih sering OL di depan blog, sekadar blogwalking, kasih comment, nyampah:mrgreen: , atau membuat tulisan baru. Ternyata memiliki sebuah blog itu lebih membanggakan (walaupun sama jeleknya). Apalagi orang akan lebih mengenal karakter diri saya melalui tulisan-tulisan saya ini. Dan yang terpenting kita gak perlu pasang foto yang cantik/ganteng di profil kita, toh orang akan menilai kita dari tulisan bukan dari tampang kita. Itulah yang paling saya senangi dari dunia blog.

Entry filed under: Cinta, Manusia, sosial. Tags: .

“Pertamax” Masuk Wikipedia ??? ADA APA DENGAN BLOGGERS WORDPRESS ???

13 Komentar Add your own

  • 1. Felix_KZ  |  Januari 4, 2008 pukul 11:02 pm

    Janganlah tertipu oleh penampilan dan janganlah memilih teman hanya melihat dari penampilan. Memang saat ini para remaja sudah seperti kecanduan Friendster.

    Saya merasa yang ada di otak mereka hanyalah cinta pada lawan jenis atau kepuasan saja. Setiap hari mereka menyanyikan lagu cinta, menonton film cinta, menjalin cinta dengan kekasih, dan di dunia maya mereka mencoba mencari cinta.

    Sepertinya dunia sudah sumpek oleh cinta ya ?

    ๐Ÿ˜• reply: Nah begitulah kondisi generasi muda saat ini, thanx ya dah mampir… kapan2 mampir lagi ya๐Ÿ˜€

    Balas
  • 2. rozenesia  |  Januari 5, 2008 pukul 3:46 am

    Hahahaaa… Artikel yang bagus,ketika saya membaca bagian akhirnya: FS atau Blog itu bagus asal tepat penggunaannya.๐Ÿ˜€

    Saya pribadi, menggunakan FS sekadar untuk mencari dan mengumpulkan teman-teman lama, semasa SD, SMP, dan SMA… Tak terasa sudah banyak juga teman lama yang saya kumpulkan. Saya nggak pernah mencari teman baru lewat FS, karena yang tidak saya kenal, add darinya akan saya tahan…selamanya. (walau sudah diproteksi last name dan email sih).
    SImpel saja bagi saya, mengumpulkan teman yang sudah dikenal sebelumnya. Jadi di fitur komen/testimonial ga ada kalimat “salam kenal” atau “thx udah add/approve” atau apalah.

    Blog? Tempat saya ‘mengamuk’ itu…

    Balas
  • 3. aRuL  |  Januari 5, 2008 pukul 10:45 am

    saya gunakan 2-2nya.
    selama benwit masih mampu untuk trisome, arul, blog, n FS halah..๐Ÿ˜€
    FS bermanfaat begitujuga blog๐Ÿ™‚

    Balas
  • 4. Abeeayangโ„ข  |  Januari 5, 2008 pukul 3:07 pm

    FS atawa blog aku punya, tapi aku lebih mentingin blog dari pada biang kenarcisan tingkayt tinggi ituh……. :mrgreen:

    Balas
  • 5. Mihael "D.B." Ellinsworth  |  Januari 5, 2008 pukul 5:48 pm

    Tepat.๐Ÿ˜€

    FS sebenarnya situs yang bagus, kok (Meski FaceBook itu lebih). Tetapi kebanyakan remaja di Indonesia masih agak “salah” dalam menerapkan sistem dan kultur dalam Friendster.๐Ÿ˜‰

    Balas
  • 6. Atmo4th  |  Januari 6, 2008 pukul 1:32 am

    Wah,,
    saya si gak percaya kl knalan ma cw d dunia maya..
    Dan gak pernah hunting cw,, walau uda punya.

    Duh, jadi fs buat apa ya? Saya juga jadi bingung..

    ๐Ÿ˜€ reply: Loh bukannya kalau “dah punya” jadi gak bebas buat hunting cewek2 cantik yang imut:mrgreen:

    Balas
  • 7. StreetPunk  |  Januari 6, 2008 pukul 1:32 am

    Saya bukan/belum pengguna fs, jadi saya kurang tau tentang itu, yang saya ketahui ya fs tempat cari teman, tempat menampilkan identitas diri, pokoknya gimana caranya supaya mendapat pergaulan yang lebih luas.
    Sempat mikir juga mau gabung ke sana tapi jadi ragu setelah pernah mendapat kabar bahwa akunnya bisa dihack yang diulas di situs www.*lupa*.com

    Kalo blog, saya pun belum bisa memberi hipotesis *walah* karena saya termasuk wajah baru di ranah blog-o-sphere ini. Untuk sementara ini yang bisa saya katakan tentang blog..
    Tempat cari teman, bisa juga sebagai sarana mengekspresikan diri sebebas-bebasnya walau berkomentar kadang-kadang sulit karena pemeriksaan Akismet yang mungkin agak berlebihan.

    Balas
  • 8. andi bagus  |  Januari 6, 2008 pukul 8:55 am

    iya mas, nge blog serasa memilik jiwa baru..yg bisa mengekspresikan lebih dari diri manusia dibanding dengan FS..social networking semakin terasah dan terarah dengan BLOG..so keep bloggiing..

    Balas
  • 9. Cynanthia  |  Januari 6, 2008 pukul 12:06 pm

    Udaahhh, mending kita migrasi ke blog aja, jadi yang kita lakukan lebih jelas:mrgreen:

    Saya dulu pengguna FS, tapi sekarang jarang pake (tepatnya malas), karena udah lambat, banyak ‘sampah’ juga.:mrgreen:

    Balas
  • 10. x4ndi  |  Januari 6, 2008 pukul 8:06 pm

    Xixixi….๐Ÿ˜†

    Pengguna FS kebanyakan orang narsis.
    KEEP BLOGGING YAW !

    Balas
  • 11. v!n+  |  Januari 6, 2008 pukul 11:42 pm

    yup, krn smua orang bisa punya FS/myspace/facebook atau yang sejenisnya, tapi ga smua orang bisa “bertanggungjawab” untuk melihara sebuah blog. Alhamdulillah saya eksis di dua2nya heheheh peace ah:mrgreen:

    Balas
  • 12. Budi  |  Januari 30, 2008 pukul 2:21 pm

    FS itu lebih menyenangkan dari pada blog

    Balas
  • 13. bandartogelterpercaya.info  |  April 3, 2016 pukul 8:08 am

    makasih gan tentang infonya

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Sekilas Diriku

'Seorang manusia normal yang memiliki keinginan normal untuk menjadi orang yang tidak normal'

Banner


Awas Nanti Kepala Bocor

RSS Berita Bola

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip


%d blogger menyukai ini: