Islam Adalah Ideologi

Juli 3, 2008 at 8:06 am 3 komentar

Tak dapat disangkal, Islam telah banyak berkontribusi terhadap kemajuan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan. Hal ini dimungkinkan karena Islam bukan hanya sebatas kepercayaan yang menanamkan doktrin-doktrin semata namun Islam dapat berperan sebagai suatu ideologi. Sudah selayaknyalah ideologi Islam mendapatkan suatu penghargaan, bukan individu-individunya.

Kata “Islam” berasal dari istilah Bahasa Arab, yang secara bahasa berarti ‘berserah diri‘. Sedangkan menurut istilah “Islam” didefinisikan sebagai ‘segala sesuatu yang disampaikan Allah Swt melalui Muhammad saw’. Kemudian orang yang beriman kepada Allah swt dan menerima Muhammad saw sebagai nabi dan utusan Allah yang terakhir disebut sebagai ‘Muslim‘.

Bila kita bandingkan Islam dengan agama lainnya, Islam jelas lebih dari sekedar agama. Islam merupakan suatu ideologi yang unik dan komprehensif, yang membimbing dan mengarahkan kehidupan manusia. Sebagai ideologi, Islam terdiri dari akidah (doktrin) dan syariat (aturan dan sistem) yang digunakan untuk mengatur kehidupan umat manusia di dunia.

Akidah Islam memberi jawaban yang sahih dan menyeluruh dari berbagai pertanyaan mendasar tentang keberadaan manusia dan segala sesuatu yang ada di alam semesta. Akidah Islam menjelaskan tentang tujuan hidup manusia, dan hubungannya dengan sebelum dan setelah kehidupan. Akidah Islam juga memberikan landasan bagi sebuah metode untuk menerapkan Islam dalam kehidupan nyata. Dengan demikian, Islam bukan sekedar teori atau wacana, tapi suatu sistem yang bis diterapkan secara praktis dalam kehidupan sehari-hari. Ideologi sendiri berbeda dengan filsafat, yang hanya memberikan pemikiran-pemikiran yang bersifat hipotetik, tanpa suatu metode untuk menerapkannya.

Sementara itu, syariat Islam memberikan suatu perangkat yang komprehensif dalam mengatur segala urusan manusia. Syariat Islam mengatur dengan sahih hal-hal berikut;

  1. Hubungan antara manusia dengan Sang Pencipta
  2. Hubungan antar manusia
  3. Hubungan yang terjadi di masyarakat, termasuk perkara-perkara sosial, politik, ekonomi, dan hubungan internasional.

Jadi, Islam terdiri atas akidah dan syariat. Yang membedakan Islam dengan ideologi kapitalisme dan sosialisme adalah bahwa Islam dibangun dari pemikiran yang benar, sedangkan ideologi lain dibangun dari pemikiran dangkal tentang kehidupan manusia dan dunia dimana mereka tinggal.

Karena Islam ditegakkan dari pemahaman yang sahih tentang kehidupan dan menempatkan kehidupan dalam konteks yang benar, maka sistem dan aturan yang muncul dari akidah Islam akan sesuai dengan karakter manusia sehingga mampu memberikan solusi kehidupan yang benar. Islam pasti sesuai dengan fitrah manusia, Islam sama sekali tidak mengabaikan naluri atau hawa nafsu manusia, tetapi mengatur pemenuhannya dengan tepat.

Jadi, hanya dengan penerapan Islam sepenuhnya secara praktis, sistematis, dan tentunya menyeluruh di semua bidang, maka berbagai keinginan manusia dapat diatur dengan baik. Implementasi syariat Islam merupakan suatu keharusan, dan sebelum hal tersebut terealisasi maka naluri, kebutuhan, dan hawa nafsu kita akan selalu berada dalam tekananan bahkan ada di jalan yang keliru.

Entry filed under: IPTEK, Manusia, Sejarah, sosial. Tags: .

Harga Diri dan Malu Liburan ke Jatiluhur dan Cirata

3 Komentar Add your own

  • 1. sigombak  |  Juli 3, 2008 pukul 5:33 pm

    bicara tentang agama harus banyak mengusai agama….. agama sebuah keyakinan yang terkdang membuat orang saling berbunuhan untuk membelanya… sering juga konflik itu muncul dalam penganut agama yang sama… makanya jadi gak enak komentar lenih jauh ini…

    Balas
  • 2. ccasp  |  Juli 22, 2008 pukul 4:32 pm

    hi geo… thx bwt sarannya yah deh… sy coba😀

    Balas
  • 3. @bagas  |  Oktober 29, 2011 pukul 9:27 pm

    Kurang spesifik,

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Sekilas Diriku

'Seorang manusia normal yang memiliki keinginan normal untuk menjadi orang yang tidak normal'

Banner


Awas Nanti Kepala Bocor

RSS Berita Bola

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip


%d blogger menyukai ini: